Senin, 15 Januari 2018

Batu akik langka & mahal di mayapada

Jadeite termahal

Batu akik ketika ini sudah menjadi tren yang sangat populer di kalangan warga global termasuk di Indonesia sendiri. Beraneka ragam batu akik telah di dapatkan oleh para pemburu batu akik, mereka mendapatkan dengan berbagai cara & tehnik mulai dari secara manual sampai dengan cara magis.

Kemampuan dalam mencari batu mulia yang di lakukan oleh mereka sangat bermacam-macam & memiliki keahlian tersendiri, sampai terdengar hanya gara-gara berburu batu akik, nyawa wajib melayang.
Sunguh, pengorbanan yang luar biasa andai saja di bandingkan dengan profesi pekerjaan lain. Selain beresiko tinggi pula memiliki keunikkan tersendiri.

Batu akik yang beredar sangat banyak mulai dari kualitas yang biasa saja sampai dengan yang unik & memiliki harga yang sangat mahal. Luar biasa, daya tarik batu akik ketika ini.

Batu akik yang langka & unik ini sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu & di bentuk berdasarkan kebutuhan pemilikya, ada yang di pakai buat Liontin, Cincin, Bros, Gelang & masih banyak lagi bentuk lain.

Saat ini terdapat beberapa batu akik yang sangat langka & terbilang paling mahal di global. Batu akik mulia jenis ini sangat jarang terdapat di muka bumi ini & sebab keunikkannya banyak warga global terpesona olehnya.

Berikut ini beberapa batu akik yang langka & paling mahal di global seperti yang di lansir oleh listverse & carapedia antara lain.

1. JADEITE.

Konon batu yang pernah menjadi misteri ini memiliki nilai US$ 3 juta per zat oksidasi. Wow,,, suatu harga yang sangat fantastis. Pernah pada tahun kemudian lebih kurang 1997 di Hongkong terjadi transaksi sebuah kalung berliontin Jadeite, seharga US$ 9,3 juta atau setara dengan harga Rp. 109,4 milyar, buat kurs mata uang ketika ini.
Menurut berita tersebut batu jenis ini bisa di temukan di California (Amerika serikat), Rusia, Canada, Italia, Guatemala, Jepang, Selandia baru & Myanmar.

2. RED DIAMOND.

Karena keunikkannya batu jenis ini pula termasuk sangat sedikit jumlahnya & sulit buat di dapatkan di belahan bumi ini. Menurut berita yang terkait batu ini memiliki nilai lebih dari US$ 2,5 juta atau andai saja di kurs rupiah menjadi lebih kurang Rp. 29,4 milyar per karatnya. Pernah ada satu perusahaan yang menjual jenis batu ini adalah Leibish.co
Nilai nominal yang tidak sedikit andai saja di bandingkan dengan bentuk batu yang di belinya. Wow,,, fantastis...

3. SERENDIBITE.

Pertama kali di temukan di negara Sri lanka, tepatnya di tempat Gangapitiya-Ambakotte pada tahun lebih kurang 1902. Kata "SERENDIBITE" berasal dari kata "SERENDIB" adalah sebutan nama Sri lanka dalam bahasa Arab antik.
Batu Serendibite yang bisa di temukan di Sri lanka di bagi menjadi 3 jenis yaitu antara 0,35 zat oksidasi, 0,55 zat oksidasi & 0,56 zat oksidasi. Sementara harga batu ini senilai lebih kurang US$ 2 juta per karatnya. Sangat istimewa sekali batu ini.

4. BLUE GARNET.

Batu akik langka & termahal di global selanjutnya adalah "Blue Garnet". Batu jenis ini memiliki banyak warna seperti biru, merah, kuning, hijau, oranye & masih banyak lagi warna yang lain. Harga batu garnet ini senilai US$ 1,5 juta per karatnya.
Saya pula memiliki "Garnet" tapi sayang bukan batu mulia yang di maksud tapi "Garnet" nama saudara saya... Hehe

5. PAINITE.

Konon jenis batu ini di temukan di Myanmar oleh salah seorang peneliti dari Inggris bareng seorang agen permata Arthur sakit, pada tahun lebih kurang 1950. Saat di teliti di ketahui bahwa susunan kimia dari batu permata ini adalah kalsium, zirkonium, boron, aluminium & oksigen. Jika di rumuskan adalah ( CaZrA19O15 (BO3)).
Karena sampai ketika ini sudah tidak pernah ada lagi terdengar keberadaannya, maka jenis batu ini sudah sangat langka. Sementara ketika itu per karatnya senilai US$ 60.000

6. GRANDIDIERITE.

Satu lagi batuan mulia yang sangat langka & susah buat di dapatkanya, adalah "Grandidierite". Jenis batu ini pertama kali di temukan di Madagaskar selatan lebih kurang tahun 1902. Nama batu ini merujuk pada penemunya yaitu "ALFRED GRANDIDIER." yang secara tidak sengaja menemukannya pada ketika melakukan studi sumber daya alam di Madagaskar yang di lakukan pada tahun 1826 - 1912.
Setelah di lakukan penelitian, batu jenis ini mengandung beberapa mineral seperti besi, silikon, boron, oksigen, aluminium & magnesium. Harga batu ini adalah US$ 50.000 per setengah karatnya.

7. MUSGRAVITE.

Batuan langka selanjutnya adalah jenis "MUSBRAVITE ". Batu jenis ini konon pernah di temukan di Australia selatan pada tahun 1967. Awalnya pemahaman tentang jenis batu ini sama dengan jenis batu "taafeite". Karena masih meragukan sehinga publikasi batu ini di mulai sejak 1993. Untuk membedakan ke 2 jenis batu ini dengan memakai analisis sinar X-ray. Harga batu ini US$ 35.000 per karatnya.
8. RED BERYL EMERALD.

Konon batu ini pertama kali di temukan di Utah & mexico. Batuan langka ini pula sangat jarang di temukan kembali sejak lebih kurang 1990 sehingga menjadi sangat langka & mahal. Harga batu ini berkisar lebih kurang US$ 10.000 per karatnya.
9. BLACK OPAL.

Jika Knda ingin mendapatkan Black Opal terbaik maka Knda bisa pergi ke Australia. Karena negara ini penghasil Black opal terbanyak di global. Menurut media yang di lansir hampir 95% batu Black opal yang beredar di muka bumi ini berasal dari Australia. Harga berkisar lebih kurang US$ 2.355 per zat oksidasi.
10. JEREMEJEVITE.

Batu yang bening kebiruan ini termasuk koleksi batu langka berikutnya. Batu mulia ini berasal dari Namibia & di bandrol dengan nilai US$ 2.000 perkaratnya.
Bagaimana,,, Knda pilih yang mana?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar